JOHN LENON MUSISI DUNIA YANG BERTALENTA

John Winston Lennon yang akrab di sapa dengan nama John Lennon lahir di Liverpool, Inggris, tanggal 9 Oktober 1940, meninggal di New York City, Amerika Serikat tanggal 8 Desember 1980 di usia nya yang ke 40 tahun. John di kenal sebagai penyanyi, pencipta lagu, instrumentalis, penulis, dan aktivis politik yang terkenal di seluruh dunia dan juga sebagai pemimpin band legendari The Beatles. Lennon dan Paul McCartney membentuk partnership pencipta lagu yang paling sukses, berhasil,dan mendunia hingga saat ini. Lennon dengan sinisme nya dan McCartner dengan optimisme nya saling melengkap satu sama lain.

Ketika The Beatles sudah bubar pada tahu 1970, dia juga berhasil sukses dengan karir solo nya. Ada salah satu lagu nya yang hingga skearang masih sangat terkenal yaitu Imagine, lagu ini menjadi salah satu himne dari perdamaian dunia. Lennon menunjukan sifat asli nya yang pemberontak dan selera humor nya yang sini di dalam film – film seperti A Hard Day’s Night tahun 1964, dalam buku yang ditulis nya yaitu In His Own Write, konferensi pers dan wawancara. Dia menggunakan ketenaran nya untuk kegiatan nya sebagai seorang aktivis perdamaian, seniman, dan penulis.

Lennon yang sudah dua kali menikah ini pertama dengan wanita yang bernama Cynthia Powell pada tahun 1962 dan yang ke dua dengan seniman Jepang yang bernama Yoko Ono pada tahun 1969. Dia mempunya dua anak yang bernama Julian Lennon yang lahir pada tahun 1963 dan Sean Taro Ono Lennon yang lahir pada tahun 1975. Lennon meninggal di New York pada umur nya ke 40 tahun, karena insiden penembakan oleh Mark Chapman yang merupakan penggemar Lennon yang gila.

Tahun 1940 – 1957

John Winston Lennon yang lahir pada tanggal 9 Oktober 1940 di Liverpool, dari pasangan Julia Stanley dan Alfred Lennon. Alfred adalah seorang pelaut yang sering berkelana dan jarang kembali ek Liverpool. Bahkan momen disaat John kecil lahir, cerita pada malam John lahir sedang terjadi serangan Jerman atas Inggris pada perang dunia II. Karena kejadian ini, dan kekaguman nya Julia pada Winston Churcill, bayi lelaki nya pun diberi nama tengah Winstion, dari nama peerdana menteri Inggris yang terkenal itu.

Lennon kecil yang di asuh oleh ibu nya, Julia kemudia bertemu dengan John Dykins, kemudian dia dan Lennon pindah tinggal bersama dengan pria itu di sebuah apartemen yang kecil. Perilaku yang di lakukan oleh Julia ini menjadi perbincangan warga Liverpool, karena posisi nya Julia masih berstatus sebagai istri dari Alfred Lennon. Kakak tertua dari Julia yang bernama Mimi Smith, memaksa untuk membawa Lennon kecil tinggal dengan nya. Pada tahun 1946, Alfred kembali ke Liverpool dan membawa Lennon untuk liburan bersama dengan nya ke Blackpool. Dia yang masih belum cukup dewasa harus di hadapkan dengan dua pilihan, yaitu mengikuti ayah nya atau ibu nya. Lennon saat itu sudah dua kali memilih ayah nya dan mengikuti nya, tetapi saat ibu nya berbalik dan akan pergi Lennon kecil menangis dan berlari menghampiri ibu nya. Masa muda Lennon di habis  dengan keluarga Smith : Mimi dan suami nya, George. Mimi adalah seorang bibi yang sangat keras dan disiplin dan mendidik Lennon kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *